Plagiat oh plagiat..

Saya hari ini baru tahu kalau ternyata tulisan saya di komunitasngage.wordpress.com yang berjudul “Tanggal Kelahiran dan Sejarah N-GAGE” dan beberapa tulisan lain di yoto.wordpress.com sudah diplagiat. Saya memeriksanya dengan menggunakan situs ini: http://www.dustball.com/cs/plagiarism.checker. Situs tersebut ternyata sangat ampuh. Dari hasil pemeriksaan singkat saya, situs-situs di bawah ini tertangkap basah mengutip tulisan saya tanpa menyebutkan sumber maupun nama saya sebagai pembuat tulisan:

  1. Tanggal Kelahiran dan Sejarah N-GAGE
  2. CARA MEMASANG (INSTALL) APLIKASI PADA HANDPHONE NOKIA ANDA
  3. LUPA PASSWORD MMC?
  4. Setelan GPRS untuk AXIS, Mentari, IM3, XL, dan Telkomsel
  5. Masih banyak lagi yang lain..

Hal yang ingin saya sampaikan di sini bukan tentang daftar para plagiat yang selangit itu, tapi tentang menghargai orang lain. Anda bayangkan saja, saya menulis dari warnet waktu saya masih SMA. Sebelum menerbitkan tulisan saya di blog ini, saya sampai selalu membuat rancangan kasarnya di rumah agar biaya yang harus dikeluarkan di warnet tidak terlalu besar. Tiba-tiba datanglah pemilik situs-situs di atas ke blog ini dan tanpa basa-basi menyalin dengan utuh, dan tanpa menyebutkan sumber, tulisan yang saya buat dengan jerih payah untuk dipajang di situsnya.

Hey! Itu karya saya! Paling tidak hargailah tulisan yang saya buat dengan membuat link ke tulisan awal atau sekedar mencantumkan nama penulis aslinya! Jangan membuat seolah-olah Anda yang menulis tulisan itu! Hargai biaya yang saya keluarkan! Saya memang menulis untuk berbagi tapi bukan untuk diplagiat!

Sumber gambar: http://hmjkomunikasi.blogspot.com/2007/05/anti-plagiarsm.html

Baca tulisan-tulisan lain

 

19 pemikiran pada “Plagiat oh plagiat..

  1. Gan sabar yah, saya juga terkadang kesal bahkan pernah saya temui banyak blogger copas yang berkeliran melancarkan aksinya di belantara google. Padahal kita selaku blogger penulis orisinil telah meluangkan banyak waktu seperti melakukan uji coba aplikasi, uji coba kecocokan aplikasi dengan perangkat symbian dengan versi yang berbeda, dan setelah mendapatkan kesimpulan kita selanjutnya menuangkan ide dan pikiran kita kedalam tulisan. Dan setelah di publish ada beberapa orang tak bermoral dan beretika yang memplagiat 100%. Huh…dasar tuh orang. Hmm…. Tetap berkarya yah gan. Oh ya, saya tunggu yang kunjungan baliknya. Ini alamat blog saya:
    ngage4all blogs

  2. Yg gw tau blog2 n-gage tuh kreatf,jd wlwpun mrka ga cantumkn nm sumber,kt2 pst tau ko klu itu tulsn asalny drmn..Jd mrka ntu ttp pcundang,nyntai j öm..Kt brbagi trus,
    buat slurps>1 kta..Cuekin,bnr kt lo,jgn2 yg mncerca jg ga ngrti bkin sprti yg da lu lakuin..Ttp smangat n lam gagers never diès..

  3. @erwien
    di forum mana gitu bro? Dicecarnya gimana?

    Btw, wkwkwk, kok bisa ampe tanda tanya gitu pageranknya? Googlenya bingung kali yak. Wkwkwk

    @Slurp
    Emang gini dah nasib para pencipta karya original.. Tengok aja nasib pencipta lagu yang ga bisa dapet penghasilan dari jualan CD album dan kaset, malah sekarang cuma bisa ngarep dari honor manggung plus RBT doang. Kasiannya insan kreatif Indonesia..

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s