Menyederhanakan perhitungan tarif telepon IM3

m3

Untuk orang yang mempunyai uang hampir tak terbatas, tentunya tidak perlu pusing dengan tarif panggilan yang dikenakan oleh operator. Namun, sebagai pelajar atau mahasiswa, kita tentunya ingin mengontrol pemakaian pulsa terutama biaya untuk panggilan agar bisa berhemat.

Hal tersebut sayangnya tidak 100% didukung oleh skema tarif yang ditawarkan operator. Salah satu operator yang skema tarifnya rumit adalah IM3. Skema tarifnya dapat dicermati seperti yang tertera di bawah ini (disadur dari http://www.indosat.com/im3):

Tarif Nelpon di Jawa
Tujuan Jam Tarif
Ke Sesama Indosat 00:00 – 06:00 Rp 24 /menit
06:00 – 11:00 Rp 24 /menit1
Rp 24 /10 detik2
11:00 – 17:00 Rp 24 /menit1
Rp 24 /6 detik2
17:00 – 24:00 Rp 24 /30 detik1
Rp 24 /4 detik2
Ke Operator Lain 00:00 – 24:00 Rp 24 /2 detik

Keterangan:
1 -> Tarif setelah 2 menit pertama
2 -> Tarif untuk 2 menit pertama

Sekarang, coba hitung tarif yang dibutuhkan masing-masing skema waktu untuk menelpon 13 menit ke sesama indosat dan bandingkan skema waktu mana yang lebih murah. Pusing? Wajar saja kalau Anda pusing. Skema tarif ini seakan-akan dibuat untuk mengelabui pengguna, seakan-akan semuanya adalah pilihan yang murah, jadi sama saja kalau telepon kapan saja, padahal hal tersebut tidak benar.

Nah, melihat skema tarif yang rumit seperti ini, saya kemudian menggunakan Microsoft Excel untuk menyederhanakan data-data tersebut dan merangkumnya ke dalam grafik sehingga penderitaan Anda menghitung tarif dapat terlewati dengan mudah, tinggal alurkan ke grafik saja. Langkah-langkah pembuatan tidak akan saya jabarkan di sini. Namun, jika ada yang bertanya tentang hal tersebut maka saya akan dengan senang hati menjelaskannya.

Berikut ini adalah grafik yang saya buat, untuk sementara hanya untuk tarif telepon di pulau Jawa:


  • Untuk menggunakan grafik ini, tinggal alirkan waktu telepon secara tegak lurus ke atas kemudian potongkan dengan garis yang berwarna. Misal, Anda ingin menelpon ke sesama IM3 selama 4 menit pada jam 5 pagi, maka tinggal tarik garis lurus dari angka 4 ke atas hingga menyentuh garis merah. Setelah menyentuh garis merah, tarik garis mendatar ke arah tarif sehingga Anda akan memperoleh tarif telepon yang harus Anda bayar. 4 menit pada jam 5 pagi ke sesama Indosat = sekitar 170 rupiah. Sederhana bukan?

  • Dengan cara yang sama, Anda dapat menghitung tarif telepon ke sesama Indosat dengan waktu yang lebih lama. Misalkan Anda hendak melakukan panggilan selama 20 menit pada jam 16.00 ke sesama Indosat, maka tarif yang harus Anda bayar adalah sekitar 950 rupiah

Kesimpulan:

  1. Tarif telepon paling murah adalah ke sesama Indosat pada pukul 00.00 – 06.00, dapat dilihat dari garisnya yang berada paling bawah dibanding garis lain, termurah ke dua adalah 06.00 – 11.00 dan seterusnya sesuai dengan urutan garis dari bawah ke atas.
  2. Saran penggunaan: tengah malam – siang, dapat dilihat dari tarif telepon per jam jam dari 00.00 sampai 17.00 yang tidak sampai 2000 rupiah/jam. Bandingkan dengan di atas jam 17.00 yang kurang lebih Rp 3600/jam.
Tentang iklan-iklan ini

18 pemikiran pada “Menyederhanakan perhitungan tarif telepon IM3

  1. Ping balik: PUSAT PESAN BERBAGAI KARTU GSM DAN CDMA « Life Is A Rock Dynamic Stuff

    • 1. Dasarnya ya cuma ngitung aja berdasarkan aturan tarif dari operatornya
      2. Dari aturan tarif itu kemudian dijadikan formula di microsoft excel
      3. Kemudian dilakukan perhitungan pake formulanya agar muncul data (menit 0, tarif sekian, menit 5, tarif sekian, dst..).
      4. Datanya kemudian di plot dalam bentuk grafik.

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s