- Prosedur Penanganan Kartu ATM BNI ITB (KTM) Hilang/Rusak & Buku Tabungan Hilang for dummies

FI BNI 46

A. Prosedur penanganan Kartu ATM BNI ITB Hilang:

  1. Sebelum melakukan hal lain, jangan lupa blokir terlebih dahulu kartu ATM Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak dengan melakukan panggilan ke (021) 500046 (melalui telpon rumah maupun telpon genggam) atau 68888 (khusus melalui telpon genggam). Saran tambahan dari saya, pastikan pulsa Anda paling tidak di atas Rp 20.000 agar percakapan dengan layanan pelanggan tidak terputus di tengah-tengah.
  2. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah: (a) Surat Keterangan Hilang dari polisi, (b) Surat Keterangan Hilang KTM yang bisa diambil di akademik.itb.ac.id lalu pilih menu form transaksi mahasiswa, kemudian pilih Surat Keterangan Hilang KTM, (c) Slip Penggantian Kartu yang bisa diperoleh di BNI GKU Timur, (d) Surat Keterangan Lunas BPPT yang bisa diperoleh di Direktorat Keuangan Lantai 2 Gedung Annex, (e) fotokopi KSM, (f) 3 buah pas foto berwarna ukuran 3×4 (cetak foto bisa di Rindu Digital Copy and Print, Jalan tubagus ismail no 1), (g) buku tabungan.
    • (A) = Rindu Digital Copy and Print
  3. Membuat surat keterangan kehilangan ATM (dan buku tabungan, kalau hilang juga) di kantor polisi terdekat. Kantor polisi yang terdekat setahu saya yaitu Kantor Polisi Sektor Kota Coblong (Polsek Coblong) yang terletak di Jalan Sankuriang 10. Lokasinya bisa dilihat pada peta di bawah ini:
    •   
    • (A) = Polsek Coblong
  4. Print dan isi Surat Keterangan Hilang KTM, kemudian berikan bersama Surat Keterangan Hilang dari Polisi ke TU Prodi untuk ditandatangani oleh KaProdi.
  5. Ambil dan isi Slip Penggantian Kartu di BNI GKU Timur.
  6. Setelah hal-hal dari poin (a) sampai (f) sudah terkumpul, datanglah ke Gedung Annex, loket 12 atau 17.
  7. Datanglah kembali esok hari untuk menerima KTM sementara dan Slip Penggantian Kartu BNI yang sudah di capJangan lupa kalo Annex istirahat jam 12 sampai jam 13.
  8. Datanglah ke customer service BNI di GKU Timur dengan membawa berkas dari Annex, buku tabungan, KTP Asli, Surat Keterangan Hilang dari Polisi, dan uang pengganti kartu sebesar Rp40.000. Kalau buku tabungan dan KTM sama-sama hilang, bisa datang dengan membawa berkas dari Annex, KTP Asli, Surat Keterangan Hilang dari Polisi dan uang pengganti.
  9. KTM anda akan jadi 2 minggu kemudian. Bawalah buku tabungan dan KTP untuk mengambil KTM baru.
B. Prosedur penanganan kartu ATM BNI ITB rusak dan buku tabungan hilang:
  1. Langsung datang ke customer service setelah sebelumnya mengantri dengan membawa berkas sebagai berikut:
    • KTM yang rusak
    • KTP Asli
    • Buku Tabungan atau Surat Keterangan Hilang dari Polisi kalau buku tabungan Anda hilang.
    • Foto 3×4 berwarna 2 lembar
  2. Peralatan tambahan
    • Lem untuk merekatkan foto
    • Uang Rp 40.000 (bisa juga biaya pembuatan kartu dipotong langsung dari rekening)
  3. Kalau buku tabungan Anda hilang, Anda akan dibuatkan buku tabungan baru saat itu juga setelah mengisi beberapa formulir. Setelah buku tabungan selesai, kalau biaya pembuatan KTM dipotong langsung dari rekening, Anda akan mendapat tanda pembayaran pembuatan ATM sebesar Rp 40.000. Setelah itu, Anda bisa langsung mengambil uang ke teller setelah sebelumnya mengisi slip penarikan uang, mengantri, kemudian menunjukkan tanda pembayaran pembuatan ATM pada saat penarikan tunai akan dilakukan.
  4. KTM bisa diambil 2 minggu kemudian.
Sumber: pengalaman pribadi

Tulisan terkait

About these ads

3 pemikiran pada “- Prosedur Penanganan Kartu ATM BNI ITB (KTM) Hilang/Rusak & Buku Tabungan Hilang for dummies

  1. hai yoto. pakabar? haha..
    lw habis kehilangan kartu yah? gw juga pernah nulis postingan kek gini setelah merasakan betapa ribetnya mengurus sebuah kartu di itb. :D

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s