Hitung IPK, Ga Pake Ribet

FI excel

Duh, kalo ngulang mata kuliah Pak Anu terus bisa dapet A, IPK gue jadi berapa ya?

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kejadian yang sama, termasuk saya waktu masih kuliah dulu. Nah, karena suka otak-atik, tahun 2009 saya membuat dan mengembangkan algoritma sederhana menggunakan formula-formula di microsoft excel untuk mempermudah saya dalam merencanakan dan mengejar target IP tiap semester.

Pepatah mengatakan, “Gagal merencanakan = merencanakan untuk gagal”. Oleh karena itu, perencanaan yang matang harus dilaksanakan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah menggunakan Excel yang saya sebut sebagai “IP Targeter“, saya sendiri telah berhasil menaikkan IPK yang sebelumnya 2,8 sekian menjadi 3,2 sekian. Nah, oleh karena itu, saya pikir tidak ada salahnya saya berbagi pakai file ini dengan orang yang lebih banyak agar lebih bermanfaat.

Berikut ini adalah petunjuk untuk menggunakan file Excel yang saya buat:

  • Jika terdapat keterangan berwarna ungu dan bertuliskan “Manual”, artinya data harus dimasukkan secara manual
  • Jika terdapat keterangan berwarna kuning dan bertuliskan “Automatic”, artinya data akan muncul secara otomatis. Melakukan input data/pengetikan di baris dan kolom yang bertandakan “Automatic” akan menghapus formula sehingga akan mengacaukan hasil yang keluar. Jika tidak sengaja mengisi data di baris dan kolom yang bertanda “Automatic”, silakan refresh ulang halaman ini.
  • Perhitungan IPK secara online hanya bisa dilakukan apabila blog ini diakses dengan menggunakan komputer, laptop, dan sejenisnya. File excel di bawah ini tidak akan nampak jika Anda mengakses blog ini dengan menggunakan perangkat mobile yang tidak mendukung flash.

Selamat mencoba :D

Klik untuk download IP Targeter

About these ads

7 pemikiran pada “Hitung IPK, Ga Pake Ribet

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s