Wildskinz 1.30 dan Cara Membuat Skinnya

Thanks buat Yoto, owner blog ini yang sudah mengizinkan gue buat menyumbangkan posting untuk blog ini. Hmm..mudah-mudahan sebelum memutuskan hal ini Yoto telah mempertimbangkannya matang-matang karena sueerr gue bukan seorang penulis yang baik dan tulisan gue masih belepotan sana sini pokoknya ancur deh.

Buat temen-temen yang belum pernah berkunjung ke blog gue di ngagelover.blogspot.com dan bisa dipastikan belum pernah sekalipun membaca tulisan gue, gue saranin untuk menyiapkan setidaknya 2 butir obat sakit kepala. Terserah mau merek apa. Sekedar untuk berjaga-jaga kalo-kalo ntar kepalanya sakit. Karena dengan membaca tulisan ini sampai selesai berarti anda telah merelakan kepala anda untuk dibuat pusing sepusingnya. Maka dari itu..WASPADALAH..WASPADALAH…

Sekarang kita mulai membicarakan inti pokok dari tulisan ini yaitu Wildskinz 1.30 dan cara membuat skinnya.

Kayaknya kalo soal Wildskinz, semua n-gage lovers pasti udah pada tau aplikasi ini buat apaan. Jadi gue mutusin ga’ akan menjelaskannya panjang lebar lagi. Buat yang belum tau, kamu bisa liat screenshot di bawah ini yang gue rasa udah cukup mewakilkan penjelasan tentang Wildskinz.

ss14

Gimana keren ga’?(Awas kalo ada yang bilang ga’..!). Itu skin yang gue buat sendiri. Nah sekarang gue mau ngasih petunjuk (walah kok kayak dukun) gimana cara buatnya.

Pertama siapin dulu alat-alatnya:
1. Kalo lu ngerokok siapin dulu rokoknya
2. Kalo suka ngemil siapin dulu cemilannya..hehe mulai yang ketiga serius..
3. Photoshop (yang gue pake Photoshop cs)
4. bmconv.exe

Biar ntar gampang ngejelasinnya gue asumsikan bahwa temen-temen udah ga’ asing lagi sama yang namanya Photoshop. Ga’ perlu yang berat-berat yang diperlukan cuma-cuma beberapa kemampuan dasar mengolah gambar di Photoshop.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini dan kerjakan dengan menggunakan Photoshop :
1. Buat gambar dengan ukuran 176×20 kemudian simpan dengan nama “cba” (tanpa kutip) dengan format bitmap (bmp). Contohnya seperti di bawah ini:

Gambar ini nantinya akan menjadi background dari softkey kiri dan kanan.

2. Buat gambar dengan ukuran 165×20 seperti contoh di bawah ini.

ss33

Perhatikan gambar tersebut pada bagian yang gue tandai dengan huruf A dan B. Ukuran A dan B sama-sama 1 px. Untuk bagian A kamu buat sama persis seperti gambar di atas, baik warna maupun penempatannya. Untuk bagian B juga sama seperi itu tapi warnanya boleh kamu ganti (tapi setelah gue coba penggantian warna tersebut ga’ ada pengaruhnya sama sekali). Setelah selesai save dengan nama “menubarx” dan format bitmap. Gambar ini nantinya akan menjadi highlight menu pada saat kamu mengakses option.

3. Buka kembali “menubarx” yang tadi kamu simpan kemudian offset dengan nilai 4 untuk horizontal dan 4 untuk vertikal. Sehingga hasilnya akan seperti ini

Sekedar untuk mengingatkan, menu offset berada di “filter–>other–>offset…”. Setelah selesai simpan dengan nama “menubar” dan lagi-lagi pake format bitmap. Pokoknya sampai langkah terakhir semua gambar di simpan dengan format bitmap.

4. Sekarang buat gambar yang akan menjadi background dari options. Ukuran maksimalnya 170×134. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Save dengan nama “menu”. Pada saat options yang ukurannya melebihi 170×134 di-scroll ampe ke opsi paling bawah, gambar pada background akan terlihat seperti terpotong-potong. So..tar jangan kaget yah pas ngeliatnya di hape.

5. Setelah tadi kita membuat Highlight menu sekarang giliran sub menunya. Buat dengan ukuran 149×18 dan seperti gambar di bawah ini. Simpan dengan nama “menubar2x”

ss62

Sub menu ber-align kiri. Jadi apapun yang kamu ingin munculkan di gambar yang kamu buat tadi letakkan di sebelah kiri karena kalo di kanan bisa-bisa tar malah ga’ muncul.

6. Buka kembali gambar yang tadi kita buat pada langkah ke 5 yaitu “menubar2x” kemudian offset dengan nilai 3 pada vertikalnya. Maka hasilnya akan seperti ini:

Simpan dengan nama “menubar2”.

7. Untuk gambar terakhir, buat dengan ukuran 168×67 dan simpan dengan nama “note”. Contohnya:

Gambar ini nantinya akan menjadi background popup konfirmasi. Misalnya konfirmasi exit waktu kita meng-close program.

Huh..gimana? capek? Kepalanya udah mulai pusing? Kalo ya buruan deh telen obat sakit kepala yang udah kamu siapin tadi. Satu butir aja dulu coz ini baru setengah jalan..hehehe

Yuk lanjut…

Setelah mengerjakan 7 langkah tadi berarti sekarang kita memiliki 7 buah gambar dengan format bitmap. Yaitu “cba”, “menubar”, “menu”, “menubar2”, “note”, dan dua buah bitmap lagi yaitu “menubarx” dan “menubar2x” yang tidak akan kita gunakan lagi karena tugasnya hanya untuk mempermudah proses peng-offset-an.

Oke mulai dari sekarang Photoshop udah boleh ditutup karena memang ga’ digunain lagi. Selanjutnya kita akan main-main dengan Command Prompt.

Buat folder baru dan pastikan folder tersebut tidak berada dalam folder apapun agar lebih mudah diakses lewat Command Prompt.Kasih nama folder tersebut dengan nama “bmconv”. Contohnya : “C:\bmconv” jika mau meletakkan folder tersebut di partisi C. Isi folder tersebut dengan “bmconv.exe” dan file “cba”, “menubar”, “menu”, “menubar2”, “note” yang kamu buat tadi.

ss91

Selanjutnya buka command prompt. Mudahnya tekan aja “tombol windows+r” kemudian setelah jendela “RUN” kebuka ketikkan “CMD”.

ss101

Setelah jendela comand prompt kebuka ketikkan perintah seperti gambar di bawah ini.

ss111

Sekarang tutup Command Prompt dan browse folder tempat “bmconv” tadi.

ss121

Transfer file yang ditandai pada gambar diatas ke hape letakkan di folder tempat Wildskinz bersarang. Persisnya di “e:\system\apps\wildskin\”. Kalo semuanya udah dijalankan dengan baik, benar dan sabar maka akan muncul pilihan skin baru di wildskin yaitu skin yang di buat tadi.

Fuh..Akhirnya selesai juga. Jangan lupa kasih komen ya dibawah. Komennya yang bagus-bagus aja!hehehe… Karena kalo ga’ gue bisa dipecat sama Yoto. Lu lu semua pasti pada ga’ rela kan kalo gue harus cabut dari blog ini???Wkwkwkwk…

Download Wildskinz 1.30 + bmconv

Iklan

59 pemikiran pada “Wildskinz 1.30 dan Cara Membuat Skinnya

  1. Ping balik: Cara menghapus aplikasi handphone Anda « Life Is A Rock Dynamic Stuff

  2. Ping balik: CARA MEMASANG (INSTALL) APLIKASI PADA HANDPHONE NOKIA ANDA « Life Is A Rock Dynamic Stuff

  3. gan,wildskinz g compatible y ma n gage c??.soalnya klo hp n gage c w install ntu aplikasi,yg ada eror mlu gan,sms jd pke angka smw g bsa pke huruf.punya solusi g gan??.oy yg ktanya n gage neo bneran mau d relase nokia g y??.lam knal gan

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s