Analisis Kemunculan Nokia C3, handphone QWERTY berbasis jejaring sosial dengan harga sejutaan

Mungkin Anda sudah melihat handphone model terbaru dari Nokia ini ketika sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan barang elektronik. Nokia C3 merupakan salah satu dari 3 handphone yang dikeluarkan Nokia pada bulan April 2010 (spesifikasi C3 beserta kedua handphone baru lainnya dapat dilihat di sini).

Salah satu penentu kepuasan pelanggan adalah adanya layanan purnajual (pelayanan penjualan lebih lanjut setelah transaksi, termasuk pemberian garansi). Layanan purnajual yang prima akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merk produk handphone tertentu. Layanan purnajual sangat diperhatikan Nokia dalam membangun basis bisnisnya di Indonesia (cek di google kalo tidak percaya) sehingga, menurut saya, konsumen akan lebih memilih handphone murah dari Nokia ketimbang handphone lokal yang pelayanan purnajualnya masih jauh di bawah Nokia.

Keluarnya Nokia C3 ini tak lain karena respons pasar yang sangat baik terhadap ponsel dengan papan ketik QWERTY yang dipopulerkan oleh Blackberry. Harga yang relatif murah, sekitar 1,25 juta, juga sesuai dengan permintaan pasar dan analisis para pengamat ponsel yang menyatakan handphone QWERTY yang memiliki harga lebih murah dari Blackberry dan kualitas yang tidak kalah bagus masih akan banyak diminati di tahun 2010.

Dari sisi operating system, sesuai dengan strateginya, Nokia membenamkan Symbian 40 untuk ponsel-ponsel di segmen mid low seperti Nokia C3 ini. Mengenai ukuran ram, user interface, dan kualitas kamera, saya kira tidak akan jauh beda dengan pendahulunya yaitu Nokia 2700 yang juga mengusung Symbian 40 dan kamera 2.0 megapiksel namun mungkin ukuran RAM akan sedikit lebih besar dibanding 2700.

Secara keseluruhan, ponsel ini merupakan ponsel yang sangat layak dibeli jika Anda menginginkan rasio kualitas berbanding harga yang tinggi karena handphone C3 ini telah memenangkan penghargaan best valuable phone di Indonesia.

Baca tulisan-tulisan lain

Iklan

15 pemikiran pada “Analisis Kemunculan Nokia C3, handphone QWERTY berbasis jejaring sosial dengan harga sejutaan

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s