Mau Beli Nokia N8? Coba dulu handphone tersebut secara online!

Teknologi saat ini sudah semakin canggih. Masih ingat sekitar lebih dari 10 tahun lalu? Teknologi apa yang ada saat itu? Mari saya bantu Anda untuk menyebutkannya, handphone dengan nada dering polyphonic, playstation, komputer pentium, dan lain-lain. Mari kita lihat teknologi saat ini: laptop dengan 6 core processor, handphone dengan nada dering 3D, layar televisi 3D tanpa kacamata, perangkat game portable, dll. Teknologi dapat menyediakan hampir semua kebutuhan Anda saat ini. Kalau Anda tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, maka ucapkan selamat tinggal pada kenyamanan-kenyamanan yang ditawarkan olehnya.

Teknologi bahkan dapat membuat Anda dapat secara nyaman mencoba handphone incaran Anda secara online sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Teknologi tersebut bernama Remote Device Access. Apa itu Remote Device Access? Remote Device Access kalau diartikan secara harfiah adalah akses perangkat jarak jauh. Akses perangkat melalui jarak jauh dapat membantu Anda dalam banyak hal. Tengok saja kisah Hunter yang berhasil mengetahui keberadaan maling berkat akses rekaman CCTV di rumahnya melalui aplikasi iChat di iPhone (baca kisah selengkapnya di sini). Hal tersebut merupakan contoh kecil saja dari kegunaan RDA (Remote Device Access). Penggunaan RDA yang ingin saya sorot di sini adalah mengenai akses layar/antar muka handphone via internet. Dengan akses antar muka handphone lewat internet, Anda bisa mencoba fitur-fitur yang disediakan handphone tersebut tanpa bersentuhan fisik dengan handphone tersebut. Sebut saja Nokia X6, Nokia N97, Nokia C6, Nokia C5, dll. Hanya Nokia? Ya, setahu saya memang baru Nokia yang menyediakan fitur RDA untuk handphonenya.

Bagaimana cara memanfaatkan fitur RDA tersebut?

  1. Daftar dulu di forum Nokia (http://www.forum.nokia.com)
  2. Setelah aktivasi akun forum Nokia Anda, buka http://www.forum.nokia.com/Devices/Remote_device_access/Instructions_for_RDA_usage.xhtml. Baca dulu instruksi yang ada di sana. Baca juga system requirementnya:
    • Web browser yang mendukung JavaScript™ seperti Firefox v2 ke atas, Internet Explorer v7 ke atas, Opera v9.6 ke atas and Safari v3 ke atas.
    • Java™ Web Start, biasanya sepaket dengan in the Java Runtime Environment (JRE). Anda harus punya JRE 5.0 atau versi yang lebih baru. Jika komputer Anda belum dilengkapi dengan Java, silakan download Java untuk semua jenis operating system di sini
    • Koneksi internet yang memungkinkan koneksi keluar pada port 80 dan 1200 ke RDA Server (umumnya poin terakhir ini tidak usah dipedulikan, yang penting punya akses internet yang kecepatan aksesnya memadai, saran saya di atas 128 kbps)
  3. Selanjutnya tinggal klik saja link remote device access yang berada pada halaman instruksi http://www.forum.nokia.com/Devices/Remote_device_access/Instructions_for_RDA_usage.xhtml
  4. Pilih handphone mana yang hendak Anda pilih. Misal: Nokia 5800 Xpress Music
  5. Arahkan pointer mouse Anda pada tipe 5800 Xpress Music, kemudian klik tombol Start
  6. Kemudian browser secara otomatis menampilkan pilihan seperti gambar di bawah ini
  7. Setelah file selesai di download, silakan tunggu Java melakukan start up program emulasinya
  8. Selanjutnya akan tampil layar handphone 5800 Xpress Music pada layar emulasi seperti ini:
  9. Saya mencoba membuka Ovi Maps yang merupakan fitur dari handphone tersebut, berikut adalah tampilannya:
  10. Selanjutnya saya mencoba mengakses prototype dari handphone Nokia 5250. Sekedar informasi, rencananya handphone ini akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Berikut adalah tampilannya:


Baca tulisan-tulisan lain

Iklan

8 pemikiran pada “Mau Beli Nokia N8? Coba dulu handphone tersebut secara online!

  1. saya penggen nanya pada agan agan semua disini,,, kalo samsung bisa dicoba dulu g seperti nokia ini? kalo bisa tolong share y

    matur thanks gan

  2. hallo aga-agan semua…

    gw mau jual Nokia N8. 99% mulus banget warna hijau, lengkap semua ( original )…

    gw buka harga 3.8n JT ( nego dikit )…

    foto bisa liat d’www.tokobagus.com

    COD d daerah jakata… gw di daerah jakarta barat…

    yang berminat hub 087771270272…

  3. Ping balik: Tweets that mention Mau Beli Handphone Nokia? Coba Dulu Handphone Tersebut Secara Online! « Life Is A Rock Dynamic Stuff -- Topsy.com

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s