Astaga, masa banyak yang ketipu sama hoax beginian

Saya sedang melakukan pencarian informasi mengenai otak kanan ketika menemukan gambar di bawah ini:

Menurut penulis yang menyertakan gambar tersebut, kita bisa mengganti arah putaran si penari hanya dengan mengganti otak mana yang lebih dominan bekerja. Kalau si penari berputar searah jarum jam berarti Anda lebih banyak menggunakan otak kanan, kalau berlawanan jarum jam berarti otak kiri lebih dominan.

Menurut saya hal ini hoax dan naasnya banyak yang dengan lugunya menelan mentah-mentah tipuan ini. Arah putaran si penari dengan jelas bisa terlihat melalui arah putaran kakinya. Merupakan hal yang sangat tidak mungkin jika arah putaran si penari bisa berubah hanya dengan mengganti sisi dominan otak. Hal yang mungkin adalah Anda meyakinkan diri Anda sendiri bahwa dengan mengganti sisi dominan otak, maka arah putaran si penari akan berganti. Faktanya adalah:

  1. Saat arah putaran belum berganti, Anda sedang meyakinkan diri Anda bahwa dengan mengganti sisi dominan otak, gambar akan berputar ke arah sebaliknya
  2. Ketika gambar berganti arah, Anda merasa yakin 100% bahwa hal itu karena kemampuan Anda.

Dan pembodohan massal ini pun menuai sukses! Mau bukti kebohongan gambar ini? Kamera ponsel atau camcorder tidak memiliki otak kanan dan kiri jadi tidak bisa dikelabui. Silahkan rekam gambar ini dengan rekaman video. Setelah cukup lama merekam, perhatikan rekaman tersebut. Tandai waktu saat gambar mulai berubah arah. Putar ulang rekaman tersebut pada waktu-waktu tersebut. Misal waktu saat mulai berubah arah adalah 00:00:30 atau detik ke 30, putar rekaman tersebut dari detik ke 28. Apakah gambarnya berubah pada detik 30? Jika ya, maka Anda telah sukses membongkar penipuan ini. Jika tidak, silahkan maki-maki saya sepuas Anda karena berarti saya yang telah membohongi Anda.

Perhatikan dengan seksama hasil rekaman video saya di bawah ini. Perubahan arah berlangsung sangat cepat dan rentan luput dari perhatian oleh karena itu Anda harus tetap fokus (khususnya perhatikan dengan seksama pada detik ke 27 di mana arah putaran mulai berubah):

Secara logika, kalau benar gambar tersebut berubah arah karena perubahan arah dominan otak, perubahannya tidak akan berulang di waktu yang sama. Silahkan cek seberapa banyak orang yang udah dibegoin di sini http://www.andaka.com/otak-kanan-dulu-baru-otak-kiri.php/comment-page-4

Iklan

6 pemikiran pada “Astaga, masa banyak yang ketipu sama hoax beginian

  1. dari hasil percobaan saya, gerakan penari kadang berubah arah tanpa kita sadari karena kurang fokus pada saat memperhatikan.

    Coba liat rekaman yang saya berikan. Ikuti logika yang saya gunakan. Lakukan pemutaran kembali di bagian sang penari berubah arah. Anda akan mengerti maksud saya.

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s