Business S-Curve, Studi Kasus Jatuhnya Nokia

Blog ini sempat mengalami masa-masa jaya dan dikenal banyak orang. Saya sendiri tidak menyangka bahwa halaman “Komunitas N-GAGE” yang saya buat secara iseng ternyata merupakan tulisan pertama yang akhirnya mempersatukan para pengguna handphone Nokia N-GAGE di Indonesia. Saya juga tidak menyangka bahwa blog ini bisa menyentuh rekor angka 743 kunjungan dalam sehari.

Namun sangat disayangkan bahwa hal tersebut tidak berlangsung lama. 2 tahun setelah 743 kunjungan dalam sehari, blog ini mengalami penurunan kunjungan yang cukup signifikan hingga hanya menyisakan 200 kunjungan dalam sehari. Saya telah mencoba untuk mengatasi penurunan ini dalam jangka waktu yang cukup lama namun strategi yang saya kerahkan rasanya kurang ampuh.

Saat baca e-book yang berjudul “Founders at Work, Stories of Startups Early Days” yang berisi tentang wawancara sang penulis kepada pendiri-pendiri perusahaan terkenal seperti Apple, Yahoo!, dan sebagainya, tiba-tiba terlintas sebuah pemikiran dalam benak saya. Kepingan-kepingan informasi yang pernah saya baca mendadak membentuk sebuah pemahaman baru, sebuah ide baru (Jadi ingat dulu pernah nulis tentang teori terbentuknya ide di sini). Berikut kepingan-kepingannya:

1. Business S-Curve,

2. Nokia enggan pakai Android,

3. Matinya Symbian,

4. Steven Ellop CEO Nokia,

5. Yoto WordPress ketinggalan trend Android,

6. Bisnis harus mengikuti orientasi pasar / market orientation.

Semua kepingan tersebut bersatu membentuk sebuah pemahaman baru. Mari kita bahas satu persatu kepingan informasi tersebut sehingga pada akhirnya kita bisa tarik kesimpulan mengenai hubungan antara blog ini, Nokia, dan Symbian.

Iklan

Satu pemikiran pada “Business S-Curve, Studi Kasus Jatuhnya Nokia

  1. Ping balik: Rupiah Anjlok dan Dampaknya Terhadap Suku Bunga Deposito | Life Is A Rock Dynamic Stuff

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s