Harga iPhone, iPad, dan iPod Terbaru Akan Makin Mahal

chip apple

Selama ini chip-chip elektronik terbaru yang dipakai oleh ponsel pintar selalu mampu dikembangkan lebih lanjut sehingga kecanggihannya makin tinggi. Penambahan kecanggihan ini terlihat dari meningkatnya jumlah komponen transistor yang mampu dimuat oleh IC (integrated circuit).

Namun, rupanya penambahan jumlah transistor tersebut tidak akan berlangsung terus menerus. Pasalnya, penambahan jumlah transistor lebih lanjut harus terbentur dengan hukum-hukum lain yang mengatur alam semesta seperti hukum-hukum fisika, termodinamika, dan tantangan-tantangan lainnya. Hal ini memang tidak akan berlangsung saat ini juga, namun tim analis dari Bernstein Research memperkirakan hal ini akan berlangsung pada 2030. Tuntutan chip yang semakin canggih sementara penambahan jumlah transistor tidak lagi dimungkinkan akan mengakibatkan kenaikan harga chip.

samsung

Lalu apa hubungan antara hal di atas dengan harga iPhone? Kerugian Apple di sini adalah karena Apple menggunakan jasa outsourcing dalam memproduksi chip-chipnya, atau dengan bahasa lain Apple tidak punya pabrik sendiri untuk merakit chip. Hal itu mengakibatkan Apple tidak bisa berbuat banyak ketika terjadi kenaikan harga chip.

Hal yang sebaliknya berlaku kepada Samsung yang merupakan perusahaan kompetitor Apple. Samsung justru akan memperoleh keuntungan saat hal tersebut terjadi karena telah memiliki pabrik pembuatan chip sendiri. Menggunakan chip buatan sendiri tentu lebih murah dibanding membeli chip rakitan perusahaan lain. Hal tersebut mengakibatkan Samsung akan punya daya saing yang lebih tinggi dibanding Apple.

Harga produk Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod akan makin tinggi, sementara harga produk-produk Samsung akan semakin kompetitif dari segi harga sehingga akan makin laris. Hal tersebutlah yang diprediksi akan terjadi di masa depan jika tidak ada pergerakan-pergerakan dari Apple untuk menanggulangi hal ini.

Tulisan terkait

Iklan

13 pemikiran pada “Harga iPhone, iPad, dan iPod Terbaru Akan Makin Mahal

  1. Ping balik: Cara Mengatasi Antrian Buat Blackberry ID | yotowp.com

  2. Ping balik: Link download aplikasi BBM di Google Play | yotowp.com

  3. Ping balik: Ini Alasan BBM Resmi Belum Hadir di Google Play | Life Is A Rock Dynamic Stuff

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s