Baru! Desktop Browser Opera Next 15 dan Opera Mobile for Android

Baru-baru ini, versi terbaru browser Opera telah keluar. Tidak tanggung-tanggung, 2 pembaruan sekaligus dikeluarkan oleh Opera, yakni Opera Next 15 dan Opera Mobile for Android versi terbaru. Apa saja fitur-fitur terbarunya? Yuk kita intip.

Opera Next 15

opera next 15

Terdapat enam pembaruan yaitu:

  1. Speed Dial yang menyediakan akses cepat ke situs-situs Internet dari tampilan awal Opera.
  2. Fitur pencarian (search) diperbarui dengan mengkombinasikan beberapa mesin pencari untuk menghasilkan situs yang diinginkan pengguna.
  3. Fitur baru yang bernama Discover. Fitur ini berfungsi seperti RSS Feed yang disebut untuk menampilkan konten-konten utama dari berbagai situs Internet pilihan pengguna.
  4. Fitur baru berikutnya adalah Stash yang berfungsi untuk mengkoleksi halaman web dan artikel menarik dalam satu tempat.
  5. Antar muka baru
  6. Opera Next dibangun berdasarkan engine Chromium yang mampu menampilkan kemampuan membuka halaman yang lebih cepat dibanding engine sebelumnya (Presto).

Embel-embel “next” pada versi terbaru ini menandakan bahwa aplikasi ini masih dalam tahap beta dan belum begitu stabil. Waktu dicoba, aplikasi ini sempat beberapa kali crash dan terkadang kalau kita ketik alamat yang mau kita tuju di address bar lalu kita tekan enter, malahan tidak terjadi apa-apa.

Opera for Android

Tampilan Opera for Android terbaru ini tampak lebih segar dan modern. Pada pembaruan ini juga terdapat fitur-fitur baru yakni:

1. Mode Off-Road

Jika mode Off-Road ini diaktifkan, maka halaman web akan dikompres/dikecilkan terlebih dahulu sebelum sampai ke handphone. Dengan menggunakan mode ini, kita bisa tetap online bahkan ketika koneksi sedang lambat dan juga mengurangi kuota internet yang kita digunakan.

opera for android (2)

2. Antar muka baru dengan speed dial

Tampilan pertama yang akan menyambut kamu adalah Speed Dial (Panggilan Cepat). Dengan speed dial ini, situs favorit kita bisa langsung diakses dengan cepat begitu pertama kali kita membuka Opera.Untuk menambahkan halaman yang ditampilkan pada Speed Dial, kita cukup kunjungi situs yang mau ditambahkan pada speed dial kemudian menekan tanda “+” yang terletak di sisi kiri kolom alamat URL.

opera for android (1)
3. Layar khusus dengan history browsing

Dengan menyapu halaman speed dial ke kanan, kita akan dapat mengakses history yang merupakan daftar situs-situs yang sudah pernah kita buka dengan browser ini. Biasanya kalau kita hendak mengakses halaman ini, kita harus masuk ke menu baru kemudian tampil sejumlah pilihan termasuk history.

opera for android (5)
4. Discover

Fitur Discover akan memberikan update berita sesuai dengan lokasi pengguna. Fitur ini membantu kita untuk menemukan berita-berita terbaru.

opera for android (3)

5. Private Tab

Dengan mengaktifkan fitur ini, tab yang kita buka tidak akan masuk ke halaman history.

opera for android (6)
Sayangnya lumayan banyak pengguna yang harus kecewa karena performa browser ini masih belum stabil dan perubahan-perubahan yang dilakukan kurang disukai sehingga Opera harus meminta maaf dan memberikan tautan untuk mengunduh Opera Mobile Classic kepada para pengguna yang ingin kembali ke versi sebelumnya.

Tulisan terkait

Iklan

4 pemikiran pada “Baru! Desktop Browser Opera Next 15 dan Opera Mobile for Android

  1. Ping balik: Inilah Kacamata dari Google dan Spesifikasi Lengkapnya « Life Is A Rock Dynamic Stuff

  2. Ping balik: Yuk Intip Tour Google Maps Baru versi Beta « Life Is A Rock Dynamic Stuff

  3. Ping balik: Isu Terbaru: Galaxy Note 3 Pakai Snapdragon 800 atau Exynos 5 Octa ? « Life Is A Rock Dynamic Stuff

  4. Ping balik: Tutorial Penggunaan Goal Seek (+ 4 contoh) Pada Microsoft Excel 2007 Untuk Mencari Penyelesaian Persamaan « Life Is A Rock Dynamic Stuff

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s