Ubuntu Touch, Saingan Baru Android

ubutu touch on various phone

Latar Belakang Ubuntu

Para penikmat teknologi tentu sudah tak asing lagi dengan sistem operasi yang satu ini. Nama Ubuntu sudah lama dikenal sebagai sistem operasi open source (bebas diunduh, diedit, dan disebarkan) jauh sebelum kehadiran Android datang untuk handphone dengan mengusung konsep yang sama. Ubuntu bagai oase di padang gurun saat dunia komputer dipenuhi dengan sistem operasi yang mengharuskan kita yang berada di negara berkembang untuk merogoh kocek yang lumayan dalam untuk dapat menikmati sistem operasi yang 100% legal dan gratis (misal Windows, Mac OS, dan lain-lain).

Ubuntu Touch

Perkembangan Android yang berkembang begitu pesat akhir-akhir ini rupanya juga menarik minat Canonical, perusahaan dibalik Ubuntu untuk mengembangkan sistem operasi mobile untuk handphone yakni Ubuntu Touch. Menurut pandangan mereka, Google sebagai perusahaan pengembang Android selama ini telah melakukan beberapa ‘kesalahan’. Hadirnya mereka di ranah mobile membawa tekad untuk melakukan hal yang ‘benar’.

Filosofi yang diusung oleh Canonical dalam mengembangkan Ubuntu Touch adalah pengembangan secara transparan dan diawasi oleh komunitas Ubuntu. Komunitas ubuntu (The Ubuntu Community) ini terdiri dari ribuan orang pengembang di seluruh dunia yang berkontribusi untuk mengembangkan Ubuntu Touch dalam berbagai cara seperti menerjemahkan Ubuntu ke dalam berbagai bahasa, melakukan pengetesan produk sebelum dirilis, mengembangkan aplikasi-aplikasi seperti facebook, kalender, info cuaca dan sebagainya. Hal ini akan memungkinkan Ubuntu lebih disukai oleh penggunanya karena banyak umpan balik yang mereka terima dalam pengembangan Ubuntu Touch ini. Hal ini tentu berbeda dengan Google yang mengembangkan Android secara internal/tertutup dan kurang melibatkan pengguna dalam mengembangkan sistem operasinya.

Dengan hadirnya Ubuntu Touch yang masih dalam tahap pengembangan ini, perkembangan dunia ponsel tentu akan mengalami fase baru . Semoga saja perkembangan ini memberikan dampak positif untuk para pengguna.

Ubutu Touch Developer Preview on Galaxy Nexus

Ubutu Touch Developer Preview pada Galaxy Nexus

Tulisan Terkait

Iklan

13 pemikiran pada “Ubuntu Touch, Saingan Baru Android

  1. Ping balik: Tizen OS, Calon Pengganti Android OS di HP Samsung | yotowp.com

  2. Ping balik: Update! BBM 1.0.0.72 | yotowp.com

  3. Ping balik: Cara Mengatasi Antrian Buat Blackberry ID | yotowp.com

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s