Harga dari Sebuah Kejujuran

ScreenHunter_02 Nov. 10 01.20

Di tulisan “Refleksi 11 – 17 Nov 13” dan di akun facebook pribadi, gw sempat berbagi mengenai program iklan (advertising) dari WordPress yang bernama WordAds. Kalau yang belum baca, silahkan baca dulu tulisannya di sini karena tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan yang sebelumnya.

Nah, singkat cerita gw curiga WordPress melakukan kesalahan dengan mencantumkan pembayaran sebesar $ 168,18 untuk pembayaran iklan bulan Oktober. Lantas, gw kirim sebuah surel ke staf WordPress yang berbunyi  begini:

Hi again,

Sorry to bother you. But i have one more question regarding my income for October. I’m really surprised that i have an income for October since i just have been approved to join WordAds on Nov 9th. So did you count my income from the moment i registered my blog or from the moment i’m approved to join WordAds? I’m afraid that i will take money that doesn’t belong to me since $168.18 is quite a big money for me. Please check again.

Begitulah isi surel yang gw kirim. Sehari kemudian, gw dapet balasan ini:

Hi there,

Sorry for the confusion! You shouldn’t have any October earnings, so we’re looking into this now.

Thanks for letting us know!

James | http://learn.wordpress.com | http://en.support.wordpress.com

Oke, berarti kesimpulan sementaranya, gw seharusnya ga dapet pendapatan dari iklan di bulan Oktober. Secara pribadi, gw pernah terlalu mikir tentang bakal dapet atau enggak uang itu karena toh memang gw udah komitmen bahwa uang yang gw dapet lewat blog ini ga akan gw pakai untuk kepentingan pribadi.

Ternyata ceritanya ga berhenti sampai di situ. Beberapa hari kemudian gw dapet email lagi dari James seperti tertulis di bawah ini:

Hi there,

Good news, we’re going to pay this to you after all 🙂

After some discussion, we like the idea of paying out theoretical earnings to our new WordAds users prior to when they joined, just in case a post or two went viral which then inspired them to apply.

Thanks for letting us know!

Wah! Kemarin pagi gw langsung semangat banget. Ini pencapaian yang luar biasa! Bukan karena jumlah yang fantastis, tapi lebih ke hal lain. Setelah gw renungkan lagi, sebenarnya ada beberapa alternatif kisah berbeda yang bisa terjadi:

  1. Ga laporan ke WordPress –> staf ga sadar bahwa terjadi kesalahan –> gw tetep dapet uang itu. Konsekuensinya, gw bisa dapet uang itu tanpa pernah tau pasti itu hak gw atau bukan
  2. Ga laporan ke WordPress –> staf sadar bahwa terjadi kesalahan –> ga dapet income
  3. Laporan ke WordPress –> staf sadar bahwa terjadi kesalahan –> ga dapet income
  4. Laporan ke WordPress –> staf sadar bahwa terjadi kesalahan –> tetep dapet income sebagai penghargaan atas kejujuran

Dan ternyata Tuhan mengijinkan alternatif ke 4 yang terjadi buat gw. Ini sekaligus merupakan tanda kepercayaan dari Tuhan buat gw untuk mengelola uang ini dan menjalankan komitmen gw. Kepercayaan ini justru buat gw ga ada tandingannya. Ini jauh lebih berharga buat gw dari uang dengan jumlah berapapun. Can you imagine? Tuhan, yang Pencipta segalanya itu, yang berdaulat atas seluruh bumi itu, bisa percaya sama manusia yang penuh dengan kelemahan dan kesalahan ini.

“Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil. Terpujilah nama Tuhan!” –Ayub 1:21b

Iklan

2 pemikiran pada “Harga dari Sebuah Kejujuran

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s