Nonton Apapun Dimanapun di Android dengan Menggunakan Aplikasi Splashtop

Sebenarnya eksperimen ini sudah berhasil cukup lama, sekitar 2 minggu yang lalu, namun terpaksa tidak dibagikan penampakannya dan mendekam jadi draft tulisan karena kesibukan di tempat kerja yang semakin menuntut perhatian lebih.

Oke, pasti banyak yang penasaran, “Memangnya bisa?” Nah, coba intip dulu gambar-gambar di bawah ini untuk melihat prinsip kerja Splashtop:

Screenshot_2013-11-20-05-10-01

Tampilan aplikasi Splashtop di Android, terlihat layar komputer yang menyala, artinya komputer/laptop yang dituju sudah siap untuk dihubungi

Screenshot_2013-11-20-05-10-09

Tampilan pada saat menghubungkan antara Android dengan Komputer/Laptop

Screenshot_2013-11-20-05-07-25

Sinkronisasi Tampilan Windows Media Player Classic di Windows dengan layar di HP Android

Screenshot_2013-11-20-05-05-45

Percobaan nonton anime Detective Conan di Android

Remote Desktop, Opening Windows Media Player on Samsung Galaxy Young S6310

Perhatikan tampilan di layar laptop dan di layar handphone, keduanya menampilkan gambar yang sama (gambar di ambil pada saat memutar musik dengan Windows Media Player 11 di laptop)

Remote Desktop, Opening System Properties, accessed on Samsung Galaxy Young S6310

Saat buka “Control Panel” di laptop. Perhatikan tampilan di layar Android. Persis sama dengan tampilan di layar laptop.

Remote Desktop, Opening System Properties, accessed on Samsung Galaxy Young S6310

Perhatikan tampilan “Control Panel” di layar Android. Persis sama dengan tampilan di layar laptop.

Remote Desktop, Windows 8 Metro on Samsung Galaxy Young S6310

Saat menampilkan Windows 8 Metro di laptop. Perhatikan tampilan di layar Android. Persis sama dengan tampilan di layar laptop.

Remote Desktop, Opening Microsoft Excel 2013 on Samsung Galaxy Young S6310

Saat buka Microsoft Excel di laptop. Perhatikan tampilan di layar Android. Persis sama dengan tampilan di layar laptop.

Nah, setelah sudah cukup bukti bahwa kita bisa kontrol laptop kita dengan menggunakan Android sebagai remote sekaligus penduplikasi layar di laptop, tinggal cari TV Tuner untuk laptop kita, maka Android kamu sudah bisa digunakan untuk nonton TV dengan menghubungkan Android kamu dengan laptop yang dilengkapi dengan TV Tuner.

Apa keuntungan nonton TV di Android? Kadang saat acara TV lagi seru-serunya, kita tentu tidak mau ketinggalan sedetikpun dari acara yang seru tersebut. Dengan menghubungkan Android ke Wi-Fi laptop yang ada TV Tunernya, kita bisa bawa Android kita ke kamar mandi dan bisa nonton TV sambil nongkrong di kamar mandi. Atau untuk ibu-ibu yang selalu tidak mau ketinggalan gosip terkini tapi dilema antara memilih untuk nonton acara gosip dan memasak, sekarang sudah ga perlu dilema lagi. Dengan adanya Splashtop di Android dan Splashtop Streamer di Laptop/Komputer yang ada TV Tunernya, sekarang ibu-ibu bisa memasak sambil nonton TV di Androidnya.

Keren kan? Lebih kerennya lagi, aplikasi ini ga perlu koneksi internet untuk penggunaan lokal. Android dan laptop saling terhubung dengan menggunakan Wi-Fi. Untuk dapat saling terhubung antara Wi-Fi di Android dan Wi-Fi di laptop, kamu perlu mengaktifkan wireless hotspot di Android kamu, lalu konek Wi-Fi laptop dengan hotspot di Android kamu.

.
Mau tanya-tanya? BBM aja 🙂

Selain untuk nonton TV, sekarang Android kamu bisa melakukan apa saja yang laptop/komputer kamu bisa lakukan. Kegunaan lain dari aplikasi ini adalah, kamu juga bisa menjalankan aplikasi berat yang hanya bisa dijalankan di laptop misal untuk main game PES 2014, atau untuk nonton film The Hunger Games dengan format HD 1080p, dan lain-lain.

Dengan sedikit trik VPN, maka kamu bisa akses layar laptop kamu dari tempat yang jauh, misal tempat nongkrong kamu di kafe, bioskop, bahkan dengan menghubungkan laptop dengan CC TV, kemudian laptop ke Android lewat internet, kamu bisa akses kamera CCTV rumah kamu dari jauh sehingga kamu bisa terus merasa aman saat bepergian sekalipun. Sekarang smartphone/tablet Android kamu dapat digunakan untuk mengerjakan hal-hal yang jauh lebih banyak dibanding sebelumnya.

Untuk contoh di atas, saya hanya menggunakan Samsung Galaxy Young S6310 yang mempunyai diagonal layar 3,4 inchi sehingga tampilannya tentu aja kurang maksimal. Untuk kamu yang punya tablet, tentu akan bisa merasakan tampilan yang lebih tajam dan pengoperasian yang lebih mudah dibanding yang saya rasakan.

Iya, saya tau, pasti pada penasaran kan bagaimana langkah demi langkah menghubungkan Android kamu dengan laptop? Sayang sekali karena keterbatasan waktu luang, saya belum bisa berbagi infonya sama kamu untuk saat ini. Tutorial menghubungkan smartphone/tablet kamu dengan laptop menggunakan aplikasi Splashtop akan saya bagikan di tulisan berikutnya. Tapi buat yang penasaran, silahkan coba sendiri dengan mengunduh berkas-berkas berikut ini:

Untuk mendapatkan update terkeren seputar teknologi Android terkini langsung lewat BBM kamu, silahkan invite PIN BBM 75617D7E atau scan barcode di bawah ini:

Example of invite by Barcode  for BBM

.

Tulisan Terkait

Iklan

6 pemikiran pada “Nonton Apapun Dimanapun di Android dengan Menggunakan Aplikasi Splashtop

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s