Amygdala, Pembeda Antara Si Pemalu dan Si Tukang Gaul

Location of Amygdala on Human Brain

Lokasi Amygdala di Otak Manusia

Orang-orang yang memiliki tipe kepribadian introvert pada umumnya disebut sebagai orang pendiam, pemalu, dan suka menyendiri. Sedangkan, orang-orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert pada umumnya disebut sebagai orang yang tukang gaul dan suka ngumpul sama teman-temannya, bosan kalau menyendiri.

extrovert vs introvert

Nah, berkaitan dengan kedua tipe kepribadian tersebut, hari ini gw belajar hal baru yang menurut gw cukup menakjubkan. Di buku “Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking“, ditulis sebuah eksperimen/percobaan yang dilakukan oleh Professor Kagan.

quiet, power of introvert

Professor Kagan melakukan sebuah percobaan untuk menguji kebenaran dugaan atau hipotesisnya tentang hubungan amygdala (satu bagian di otak) dengan tipe kepribadian (introvert atau ekstrovert).

amygradal reaktif = introvert ?

Amygdala = bagian otak yang salah satu fungsinya adalah mendeteksi dan mengirim sinyal emosi ke tubuh untuk merespon hal baru atau hal yang berbahaya tersebut untuk ditindaklanjuti.

Misal: ketika keberadaan ular, atau melihat bola kasti yang sedang mengarah ke kita, amygdala akan mengirim sinyal takut ke tubuh kita untuk lari / menghindar.

scarry snake

Percobaan yang dilakukan oleh professor ini cukup unik, dia menganalisis 500 anak bayi berumur 4 bulan dan memberikan rangsangan berupa suara-suara rekaman, rangsangan warna-warna dari balon-balon yang tiba-tiba lewat di hadapan mereka, dan juga rangsangan bau-bau tertentu.

Reaksi bayi-bayi tersebut kemudian dicatat dan dibuatlah prediksi mengenai kepribadiannya pada saat dewasa.

crying baby

Percobaan tersebut tidak berhenti sampai di situ, untuk menguji kebenaran prediksinya, pada umur 2, 4, 7, dan 11 tahun, anak-anak tersebut kemudian diundang datang ke laboratorium untuk tes lebih lanjut.

rockin teen

Hasil percobaan menyatakan bahwa bayi umur 4 bulan yang bereaksi kuat (menangis, badan bergerak aktif, dsb) terhadap hal-hal baru ternyata memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk memiliki tipe kepribadian introvert (tertutup) dan bertindak lebih hati-hati pada saat besar.

introvert quotes

Reaksi kuat dari bayi tersebut berhubungan dengan reaktivitas amygdala yang tergolong tinggi dibanding bayi-bayi lain.

Gw ngerti sekarang, kenapa introvert secara natural sering dikaitkan dengan suka nulis puisi. Introvert lebih reaktif dan lebih sadar akan keadaan sekitar karena aktivitas amygdala yang lebih aktif. Secara natural, karena banyak emosi yang tertangkap, akhirnya lahirlah puisi-puisi sebagai media ekspresinya.
.

Catatan Pelajaran

Iklan

2 pemikiran pada “Amygdala, Pembeda Antara Si Pemalu dan Si Tukang Gaul

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s