Berhenti dan Mulai Beraksi

take action

Sebagai orang yang sangat tertarik untuk eksplorasi banyak pelajaran baru, akhirnya gw sering mendapati diri hanya banyak menggaruk-garuk permukaan saja, kulit-kulitnya saja, jarang ada subjek yang dipelajari secara mendalam.

Waktu mengambil kelas Creativity, Innovation, and Change (CIC) dari Pennsylvania State University @ coursera.org, disana dibahas mengenai salah sebuah buku yang berjudul 4 Disciplines of Execution. Inti dari buku tersebut adalah semakin banyak yang kita coba selesaikan, makin sedikit akhirnya yang kita kerjakan. Kita harus fokus pada hal yang benar-benar penting untuk dilakukan karena tenaga dan kemampuan kita terbatas.

Karena teringat bahasan tentang buku itu, akhirnya gw punya gambaran rencana untuk mencapai salah satu resolusi gw di tahun 2014 ini. Thanks God, sedikit demi sedikit puzzle tahun ini mulai tersusun juga.

Tahun lalu, tahun 2013, adalah tahun dimana gw belajar banyak hal. Salah satu resolusi di tahun 2014 adalah menerapkan ilmu-ilmu yang udah gw pelajari di tahun 2013. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman dan menambah keterampilan gw dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut.

Tahun ini sebenarnya gw sempat berencana untuk ambil banyak kelas lagi seperti tahun lalu, tapi setelah gw ingat kata-kata dari buku 4 Discipline itu, akhirnya gw pikir ini adalah saat di mana gw mulai memperdalam dan lebih sedikit eksplorasi hal baru. Jadi, kemungkinan akan sedikit sertifikat-sertifikat baru yang bermunculan di tahun 2014 ini dan gw akan lebih banyak tenggelam dalam proyek pribadi.

Mengenai proyek 365, sudah seminggu ini terbengkalai. Sepertinya proyek ini akan gw tinjau lagi relevansinya dengan rencana jangka panjang gw.
.
365 project

Tulisan ini adalah bagian dari 365 project, sebuah proyek untuk tahun 2014 di mana yotowp akan menulis sedikitnya 1 tulisan per hari selama 365 hari.

Progress: 15/365

Iklan

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s