Refleksi Malam Ini

Malam ini tadinya saya pikir bakal jadi malam yang biasa-biasa saja. Bahkan sudah sempat kepikiran mau tidur lebih cepat hari ini karena mata terasa cukup lelah setelah seharian menatap monitor komputer.

yotowp_ Mar. 26 20.00

Ketika waktu sudah menunjukkan pukul jam 7 lewat. Saya memutuskan untuk membaringkan diri sejenak ke atas kasur. Setelah memejamkan mata sebentar, saya akhirnya berubah pikiran. Sepertinya lebih baik lanjut belajar di Coursera daripada buang waktu secara sia-sia.

yotowp_ Mar. 26 20.03

Waktu akan memulai belajar, saya tiba-tiba saya ingat akan janji saya tadi pagi sama Tuhan:

Tuhan, aku janji nanti malam akan meluangkan lebih banyak waktu untuk bersama-sama.

Demikianlah janji itu saya ucapkan pagi itu, didorong oleh suatu rasa rindu yang lebih dalam, yang tiba-tiba muncul pada pagi hari itu.

yotowp_ Mar. 26 20.04

Karena sudah terlanjur janji, akhirnya saya memutuskan untuk mengundur waktu belajar 15 menit dan membaca firman Tuhan sedikit.

Waktu sedang membaca firman Tuhan, entah kenapa saya tiba-tiba saya teringat salah satu ayat di Matius 6:24, padahal saat itu tidak sedang membaca firman Tuhan yang satu topik. Firman Tuhan di Matius 6:24 intinya berbicara demikian:

Kalau uang yang memotivasi tindakanmu, maka kamu tidak akan dapat mengikuti Tuhan.

Matius 6:24 ini secara tegas menyatakan bahwa kita tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dan kepada Mamon (uang). Saya mencoba mengoreksi diri sendiri dan mendapati bahwa secara tidak sadar saya sedang mengarahkan pikiran saya ke arah sana. Saya mencoba jujur pada diri sendiri dan mendapati bahwa saya mau berbisnis untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

yotowp_ Mar. 26 20.24

Saya kemudian teringat bahwa sebenarnya apa yang Alkitab katakan tentang uang itu jelek-jelek semua. Kemudian ada sebuah suara yang berkata dalam hati saya,

“Why do you want all that money, Yohanes?”

Saya jawab,

“I don’t know, God, I just wanna be successful.”

Kemudian saya diingatkan akan ayat ini,

1 Korintus 1:27-31,

27 “Tetapi apa yang bodoh bagi dunia dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

28 dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,

29 supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

30 Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita, ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.

31 Karena itu ‘Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan’ “

Saya tersentak waktu mendapat teguran ini. Waktu saya mencoba menelusuri motivasi saya, apakah sudah benar, ternyata yang ada masih ada terselip keinginan untuk dipandang sukses oleh orang lain. Ternyata motivasi saya selama ini belum benar.

yotowp_ Mar. 26 20.44

Saya selama ini kurang menyadari hal tersebut dan menyibukkan diri dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, melakukan hal-hal yang bisa saya lakukan sewaktu masih muda, masih kuat, masih bisa belajar banyak. Hal inipun sebenarnya bukannya salah, karena firman Tuhan sendiri yang menyuruh kita memanfaatkan waktu. Namun, yang terpenting adalah apa yang memotivasi/mendorong tindakan tersebut.

Waktu saya renungkan kembali, memang teguran yang diberikan oleh firman Tuhan itu sangatlah benar dan sangat tepat waktunya datang kepada saya. Sudah saatnya saya memperbaiki motivasi/hal yang mendorong saya untuk bersemangat dalam belajar.

Malam ini, lagi-lagi terbukti bahwa Tuhan kenal diri saya, lebih dari diri saya kenal diri sendiri. Malam ini bertambah mantap pemahaman saya bahwa Dia adalah Tuhan yang begitu peduli pada motivasi hati. Sungguh Engkau Tuhan yang luar biasa..

Iklan

2 pemikiran pada “Refleksi Malam Ini

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s