Tulisan: Part 2

Gue sebenernya kurang percaya kalau free-association writing bisa benar-benar menggali alam bawah sadar. Tapi pasti kata-kata ini berbicara tentang sesuatu. Gue pandangi lagi halaman-halaman yang penuh dengan kata-kata kemarahan itu. Untuk seseorang yang penuh luka masa lalu, sepertinya memang wajar kalau apa yang keluar dari alam bawah sadarnya adalah kata-kata seperti “bunuh, cacing, tendang, cincang, marah” dan kawan-kawannya.

Ketika sedang membaca kata-kata tersebut satu persatu, mata gue tiba-tiba terhenti pada satu kata. Gue buru-buru ambil pensil 6B lalu mempertebal daerah di tengah halaman. Bener, gak salah lagi. Tulisannya Budi. Nama gue ada di sana. Budi. tercetak jelas. Sepertinya memang saat menulis, Dita benar-benar pakai banyak tekanan sehingga bekas tekanannya tembus sampai halaman berikutnya.

tulisan: part 2

Jidat gue saat itu langsung berkerut. Kalau dilihat dari tekanan saat menulis, sepertinya memang saat ini Dita sedang stress atau sedang kepikiran suatu hal yang membuat perasaannya ga tenang. Secara psikologi, orang yang tertekan sering tanpa sadar menulis dengan menekan ujung pena atau pensil secara keras ke media tulis.

Berdasarkan fakta itu, akhirnya gue mulai mengerti motif dari tindakan Dita yang mendadak melakukan free-association writing. Sepertinya dia ingin mencari tau penyebab kegelisahannya. Bisa juga dia sebenarnya sudah tau tapi hanya ingin meyakinkan kembali dirinya dengan menggali alam bawah sadarnya. Selain itu, ada kemungkinan lain, dia menulis hanya sebagai media penlampiasan emosi semata.

Gue jadi curiga, jangan-jangan sebenarnya Dita mengalami bipolar disorder. Orang yang mengalami gangguan bipolar biasanya ditandai dengan perubahan mood yang relatif cepat dan ekstrim dari fase manik (level energi tinggi) ke fase depresi (level energi rendah). Kalau ditinjau dari penyebabnya.. Hm.. Gue ambil HP, lalu mulai browsing. Pandangan gue terhenti waktu baca penyebab periode manik pada penderita gangguan bipolar. Ternyata salah satu penyebabnya adalah penggunaan anti-depressant atau obat anti depresi.

Seketika kepingan-kepingan yang tadinya sama sekali acak dan tidak terhubung, mulai menampakkan bentuknya. Tapi ada satu hal yang masih menganjal. Fakta bahwa nama gue ada di antara tulisan-tulisan bebasnya justru membuat gue bertanya-tanya. Berarti sepertinya kehadiran gue entah gimana menyebabkan sebuah tekanan.

Gue mencoba mengingat-ingat lagi apa yang terjadi sekitar dua jam yang lalu. Pagi-pagi dia telpon nyariin gue, terus gue buru-buru goes ke kampus dan masuk ke kelas, terus gue dipanggil disuruh duduk di samping dia. Oke, sejauh itu gak ada masalah. Terus gue ngacak-ngacak tas, gak nemu flashdisk, ternyata ketinggalan dan masih tertancap di laptop. Terus gue pakai aplikasi splashtop sebagai aplikasi remote desktop untuk mengakses file yang ada di komputer gue. Dita yang penasaran waktu itu sempat gue jelasin mengenai cara kerja remote desktop. Sampai sejauh ini sepertinya gak ada masalah. Begitu gue selesai ngumpulin tugas dan lagi jalan balik ke bangku, Dita ternyata lagi coret-coret. Sempat gue tanya juga tentang lagi nyoret apa, dia sempat jelasin tentang definisi dan kegunaan free-association writing.

Oh, tunggu. Gue inget waktu itu ekspresi mukanya tiba-tiba berubah sesaat sebelum dia merobek lembaran kertas di buku catatan gue. Gue baca lagi kata-kata yang tertulis di sana secara seksama. Selain di tengah, ternyata nama gue juga muncul beberapa kali di bagian-bagian lain.

Begitu sampai di bagian akhir, gue menghela nafas panjang lalu memutuskan keluar kamar untuk mencari udara segar. 3 kata-kata terakhir benar-benar aneh.

-bersambung-

===================

Sebelumnya:

Iklan

Ada tanggapan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s